Friday, July 20, 2012

Perawatan Kecantikan Untuk Calon Pengantin



 


Seperti halnya ritual pernikahan tradisional yang masih dipelihara hingga saat ini, resep kecantikan nenek moyang pun masih mengilhami tempat spa atau kecantikan di kota-kota besar mulai dari bahan hingga ritual perawatan untuk wanita. Selain pilihan memanjakan diri di tempat kecantikan, Anda pun dapat menjalankan resep traditional kecantikan di rumah. Dengan bahan-bahan alami yang mudah ditemui, Anda dapat tampil sempurna menjadi ratu sehari.

Pijat tubuh

Pijat adalah kegiatan yang mengawali rangkaian perawatan tubuh secara menyeluruh, Anda tentunya membutuhkan orang lain untuk melakukan hal ini. Pijat diberikan untuk memberikan relaksasi, ketenangan pada kulit, melancarkan peredaran darah, hingga membuka pori-pori kulit. Pijat dilakukan mulai dari betis ke arah paha dengan gerakan ringan dan tekanan sedikit kuat hingga telapak kaki yang dapat melenturkan otot-otot kaku. Selanjutnya pemijatan dilanjutkan pada punggung, bahu, dan leher. Pemijatan biasanya menggunakan minyak zaitun murni yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kecantikan atau campuran minyak zaitun dan minyakaromatherapy seperti cendana yang dapat mengurangi ketegangan saraf.
Foto: Martha Tilaar Salon & Spa

Luluran

Luluran berfungsi untuk mengelupas kulit mati pada tubuh, sehingga kulit terlihat lebih bersih, halus, dan bercahaya. Luluran juga dapat menyamarkan noda pada kulit akibat luka yang tidak terlalu dalam atau gigitan nyamuk jika dilakukan dengan rutin. Ritual luluran kini tidak hanya dapat dinikmati di tempat spa saja, Anda pun dapat melakukannya di rumah dengan menggunakan lulur traditional siap pakai yang lebih praktis. Ada bahan dasar alami lulur yang dapat Anda pilih, seperti bengkoang yang sangat terkenal dengan khasiatnya untuk memutihkan kulit, lalu lemak cokelat (cocoa butter) atau kopi yang mengandung antioksidan untuk kulit dan mengangkat sel kulit mati. Bahan dasar kunyit dapat Anda pilih jika Anda menginginkan kulit menjadi kuning langsat.
Foto: Martha Tilaar Salon & Spa

Perawatan kulit wajah

Karena rangkaian kegiatan ini cukup sulit untuk dilakukan sendiri, ada baiknya Anda menggunakan jasa tempat kecantikan untuk melakukannya. Namun jika Anda hanya memerlukan perawatan sederhana di rumah, Anda dapat melakukannya mulai dari penguapan, pemijatan ringan, pengangkatan sel kulit mati (scrub), dan pemakaian masker pada wajah. Air panas yang diberi daun mint dapat membuka pori-pori dan membersihkannya. Untuk pemijatan, Anda dapat menggunakan minyak zaitun atau lotion lain yang cocok untuk wajah Anda. Scrub alami dapat dibuat dari gandum (oatmeal) dicampur dengan starwberry yoghurt yang di-blender tidak terlalu halus, lalu oleskan dan gosok ringan pada wajah, jaga jangan sampai mengering. Khasiat gandum yang efektif mengangkat kulit mati menjadi sempurna dengan yoghurt yang merawat PH kulit dengan stroberi yang mengandung vitamin c. Selanjutnya adalah masker wajah. Saat ini masker wajah instan dengan bahan alami banyak beredar di pasaran. Jika cocok, Anda bisa memanfaatkannya. Namun jika Anda ingin membuatnya, kuning telur dan madu bisa menjadi masker sederhana dengan khasiat luar biasa. Langkah terakhir adalah mengaplikasikan krim wajah dan mata setelah wajah sudah dalam kondisi bersih.
Foto:  Dok. Istimewa

Ratus

Ratus merupakan tradisi pengasapan organ intim yang dilakukan pada zaman nenek moyang kita untuk merawat dan memberantas aroma tak sedap pada organ intim wanita. Kini ratus menjadi bagian dari rangkaian perawatan yang ada di tempat-tempat kecantikan dan berkembang menjadi V-Spa. Teknik ratus sendiri kini menjadi familiar di antara wanita yang akan menikah dan sehabis melahirkan. Kini, teknik ratus sederhana dapat Anda lakukan di rumah dengan 5 lembar daun sirih, 2-3 cm kulit kayu manis atau 1 sendok teh bubuk kayu manis, dan 5 butir cengkih yang direbus. Setelah mendidih, tuang rebusan bahan tersebut ke dalam wadah keramik atau kaca, hindari bahan alumunium, besi, atau plastik. Lalu taruh air rebusan dibawah bangku yang tengahnya bolong (sudah dijual bebas untuk V-spa di rumah), lalu Anda dapat duduk di atas bangku dengan menggunakan kain sarung untuk mencegah uapnya keluar selama 10-15 menit. Ketika menjalani proses penguapan, Anda dapat melakukan gerakan seperti menahan buang air kecil yang ditarik dan dilepas untuk mengencangkan otot dasar panggul.  Jika tidak ada gangguan keputihan, Anda dapat mengurangi cengkihnya. Yang perlu diingat adalah perawatan dengan cara ratus vagina ini tidak dapat dilakukan sesering yang Anda mau karena dapat mengganggu PH alami vagina.
Foto: Spa Kencana

No comments:

Post a Comment